Tuesday, July 2, 2013

Peristiwa yang Memaksa Gus Dur Pulang dari Italia

Komitmen Gus Dur terhadap kerukunan umat beragama telah teruji oleh zaman. Salah satu peristiwa kerusuhan antar agama yang cukup mengganggu adalah pembakaran gereja di Situbondo pada 10 Oktober 1996.

Kejadian tersebut juga menunjukkan salah satu kemampuan spiritual Gus Dur. H Sulaiman, asisten Gus Dur menuturkan ketika itu ia sedang menemani Gus Dur dalam sebuah kunjungan ke Italia.

Meskipun di luar negeri, Gus Dur tetap menjalankan amalannya, sholat malam dan wirid panjang sebagaimana dilakukan di Indonesia. Keesokan harinya, Gus Dur meminta segera pulang ke Indonesia dengan penerbangan pertama, padahal terdapat rencananya terdapat kunjungan ke negara lain setelah dari  Italia ini.

Tak ada yang tahu mengapa Gus Dur bertindak seperti itu, termasuk Dubes Indonesia di Italia waktu itu. Gus Dur hanya menyatakan ada kejadian penting yang perlu ditanganinya.

Ternyata benar, segera saja setelah sampai tiba di Indonesia, muncul peristiwa pembakaran gereja di Situbondo ini. Gus Dur diminta membantu mendinginkan suasana agar kerusuhan tersebut tidak menyebar.

No comments:

Post a Comment