Tuesday, July 2, 2013

Makna Mimpi Gus Dur Bikin Pil KB

Mimpi bagi kebanyakan orang hanyalah kembang tidur yang tidak memiliki arti, tetapi bagi orang tertentu, mimpi merupakan bentuk isyarat akan sebuah kejadian besar di masa depan.

Kisah mimpi yang sangat terkenal dalam al Qur’an adalah kemampuan Nabi Yusuf dalam menafsirkan mimpi Fir’aun, tentang tujuh ekor sapi gemuk yang dimakan oleh tujuh ekor sapi kurus, yang ditafsirkan oleh Nabi Yusuf berupa tujuh tahun zaman kelimpahan pangan dan tujuh tahun masa paceklik. Tafsir itu dijadikan kebijakan negara sehingga Mesir selamat menghadapi situasi sulit.

Mimpi-mimpi yang memiliki makna ini juga masih terjadi sampai sekarang. Santri Gus Dur, Nuruddin Hidayat, menceritakan mimpi salah satu kenalan Gus Dur Ibu Arifin, yang juga hobi berziarah ke berbagai makam keramat seperti Gus Dur.

Waktu itu, Gus Dur masih menjadi ketua umum PBNU dan Ibu Arifin cukup sering mengunjunginya di gedung PBNU.

Suatu malam dalam tidurnya, Ibu Arifin bermimpi melihat Gus Dur sedang membikin pil KB. Karena merasa mendapat mimpi yang aneh dan tidak biasa, ia kemudian berusaha menanyakan kepada Gus Dur, barangkali ada tafsiran dari mimpi tersebut.

“Gus jenengan niki kok damel pil KB, nopo maksude (Gus, anda kok membikin Pil KB, apa maksudnya),”
Gus Dur tak banyak berkomentar, hanya menjawab “Mosok kulo damel pil KB” (Masak saja bikin Pil KB”.

Tak sampai setahun kemudian, makna mimpi tersebut terbukti, ternyata Gus Dur membikin Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang bunyi dan namanya mirip, Pil (P) KB. (mkf)

No comments:

Post a Comment