Tuesday, July 2, 2013

Mahfud MD Juga Saksikan Keanehan Sikap Gus Dur

Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD ketika ditanya NU Online tentang pendapatnya apakah Gus Dur itu wali atau bukan berkelit bahwa yang tahu seorang wali adalah wali “Dan saya bukan wali,” katanya disela-sela acara Pekan Konstitusi di Jakarta, Jum’at (4/2).

Namun demikian, pria asal Madura yang pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan di era presiden Gus Dur ini mengaku ikut mengalami dan menyaksikan sikap dan penyataan aneh yang dilakukan oleh Gus Dur.

“Saya pribadi sering melihat sikap dan pernyataan aneh Gus Dur. Misalnya sebelum mengambil sebuah keputusan, beliau berkonsultasi dulu dengan Mbah Hasyim (KH Hasyim Asy’ari, kakeknya yang meninggal tahun 1947.red). ‘Saya nanti malam mau ketemu Mbah Hasyim dulu’,” katanya.

Ia menambahkan, untuk berdialog dengan orang yang sudah meninggal, Gus Dur meminta pertolongan pada kiai, salah satunya seorang kiai dari Pati. “Pernah juga mengaku minta tolong Lily Wahid (adiknya) untuk bisa berdialog dengan Mbah Hasyim,” tambahnya.

Ditegaskannya, ada pernyataan aneh dari Gus Dur yang terbukti kebenarannya, tetapi ada juga yang tak terjadi apa-apa, tapi ia tak menyebutkan berapa persen probabilitas kebenarannya tersebut.

No comments:

Post a Comment